Jenis-jenis computer kegunaan dan kapasitasnya

Sabtu, 06 Maret 2010

Jenis-jenis atau macam-macam Komputer kegunaan dan kapasitasnya adalah :

Menurut jenisnya computer dibagi menjadi 2 macam yaitu:

1. Computer analog
2. Computer digital

Pengertian computer analog adalah computer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif,karena computer ini digunakan untuk memproses data secara terus-menerus dan mengenal data sebagai besaran fisik yanga diukur secara terus-menerus .keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial dan grafik .contoh:besaran arus listrik.

Keuntungan computer analog adalah untuk memproses data dalam bentuk besaran fisik akan langsung diproses tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu.

Kerugian computer analog adalah computer ini kecepatannya sangat lambat.

Pengertian computer digital adalah computer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif, karena omputer ini memproses discrete data (bilangan angka yang terputus-putus)dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik (ON atau OFF). Keluaran computer jenis ini bias dalam bentuk, angka ,huruf,dan grafi atau gambar.komputer ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis.

Keuntungan:

1. Data dapat di simpan dan digunakan kembali jika data tersebut masih dibutuhkan
2. Memproses data lebih cepat dibandingkan computer analog
3. Dapat melakukan penghitungan

Kerugiannya adalah computer ini tidak memiliki kerugian karena sudah termasuk computer regenerasi computer analog,computer yang melebihi kapasitas otak manusia.

Kegunaan computer

Computer digunakan sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :

1. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
2. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
3. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
4. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.

1 komentar:

elpariani mengatakan...

tank`s atas infonya

Posting Komentar